Senin, 23 Juli 2012

JENIS KEBUTUHAN

1.      Kebutuhan Fungsional
Kebutuhan fungsional adalah pernyataan layanan sistem yang harus disediakan, bagaimana sistem bereaksi pada input tertentu dan bagaimana perilaku sistem pada situasi tertentu. Sedangkan kebutuhan fungsional user merupakan pernyataan level tinggi dari apa yang seharusnya dilakukan sistem tetapi kebutuhan fungsional sistem menggambarkan layanan sistem secara detail.
Contoh kebutuhan fungsional :
1.      User dapat mencari semua kumpulan database inisial atau memilih subset dari database tersebut.
2.      Sistem menyediakan tampilan yang tepat untuk user yang membaca dokumen dalam penyimpan dokumen.
3.      Setiap pesanan dapat dialokasikan sebagai identifier yang unik (ORDER_ID) dimana user dapat meng-copy daerah penyimpan account permanen.

2.      Kebutuhan Non – Fungsional
Kebutuhan non – fungsional adalah batasan layanan atau fungsi yang ditawarkan sistem seperti batasan waktu, batasan pengembangan proses, standarisasi dll. Kebutuhan non-fungsional lebih kritis daripada kebutuhan fungsional. Jika tidak dapat bertemu, sistem menjadi tidak berguna.

Contoh Kebutuhan Non-fungsional :
1.    Kebutuhan Produk
2.    Kebutuhan Organisasi
3.    Kebutuhan Eksternal

3.      Kebutuhan Domain
Kebutuhan domain adalah kebutuhan yang datang dari domain aplikasi dari sistem dan yang menyatakan karakteristik dari domain tersebut. Berupa kebutuhan fungsional baru, batasan pada kebutuhan yang sudah ada atau mendefinisikan komputasi tertentu. Jika kebutuhan domain tidak terpenuhi, sistem mungkin tidak dapat bekerja.
Permasalahan kebutuhan domain :
1.    Kemampuan untuk dimengerti
2.    Ketidaklengkapan

User dari Dokumen Kebutuhan
Adapun pengguna dari dokumen kebutuhan antara lain :
1.      Konsumen sistem
2.      Manager
3.      Engineer sistem
4.      Engineer testing
5.      Engineer maintenance sistem


Tidak ada komentar:

Posting Komentar